Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

APAKAH YESUS KRISTUS SUDAH ADA SEBELUM PERJANJIAN BARU

SIAPAKAH MALAIKAT JEHOVAH DI PERJANJIAN LAMA, APAKAH INI TERTUJU KEPADA YESUS KRISTUS DAN SIAPAKAH YANG BERTEMU DENGAN ABRAHAM, MUSA, DANIEL, GIDEON DLL. APA JAWABAN ALKITAB TENTANG INI. BACALAH SAMPAI SELESAI TULISAN INI. TUHAN YESUS KRISTUS MENUNTUN ANDA.

Kitab Perjanjian Lama sering menuliskan istilah kata Malaikat Tuhan yang berkaitan dengan Angelologi, adalah berhubungan dengan Wahyu misterius tentang malaikat Tuhan. ini Khususnya terdapat dalam Perjanjian Lama dimana kita menemukan penampakan malaikat ini yang disebut sebagai Malaikat Tuhan, atau lebih tepatnya " Malaikat yehovah". Beberapa peneliti Alkitab memahami penampakan Tuhan Yesus Kristus sebelum inkarnasiNya. suatu penelitian saksama terhadap konteks dan rinciannya akan membantu para murid untuk menentukan apakah benar demikian atau tidak. selain itu, perbedaan antara Teofani dan inkarnasi Tuhan Yesus Kristus akan membantu pemahaman seseorang terhadap penampakan-penampakan ini.

A. INKARNASI
Arti kata inkarnasia adalah "Allah yang membungkus DiriNya dengan daging". Allah membungkus DiriNya dalam wujud manusia di dalam Kristus. Dia adalah Allah yang mengambil wujud manusia. (I Tim. 3:16). Ketika Anak Allah yang abadi dilahirkan oleh perawan Maria, ini bukan sekadar teofani yang sementara, ini adalah inkarnasi. Dia sekarang kekal dibungkus oleh tubuh. Teofani adalah manifestasi sementara dari Anak Allah sebelum salib. Inkarnasi adalah manifestasi kekal anak Allah. Teofani mengambil wujud manusia, lalu lenyap. Inkarnasi diperanakkan dan dilahirkan dalam wujud manusia, dan selanjutnya setelah kebangkitan, secara kekal dimuliakan. Manusia yang dimuliakan di atas kristus Allah. Anak yang kekal.

B. TEOPHANY
Kata ini berasal dari dua kata Yunani: "Theos"yang berarti "Allah" dan Phaneroo", yang berarti "penampakkan". Teofani secara sederhana adalah penampakkan Allah dan lebih khusunya dalam Perjanjian Lama, teofani adalah suatu penampakkan dari Anak Allah sebelum InkarnasiNya. Teofani adalah manifestasi sementara dalam wujud manusia. Teofani juga disebut sebagai Kristofani, penampakan-penampakan perjanjian Lama dari Kristus Pra-Inkarnasi.
Teofani adalah manifestasi sebelum salib dan pewahyuan Tuhan Yesus Kristus sebelum InkarnasiNya. Ini adalah persiapan atas InkarnasiNya ( Yoh. 1:1-3;14-18).
Tuhan Yesus Kristus, Anak Allah yang tidak diciptakan dan abadi, dan mengambil hakikat dan wujud malaikat bagi DiriNya, dan dinyatakan sebagai Malaikat Tuhan sampai Dia mengambil hakikat dan wujud manusia bagi DiriNya dalam kelahiran dari seorang perawan ( Ibr. 2:16; I Tim 3:16; Yoh 1:1-3,14-18).

Berikut ini adalah sejumlah wahyu penting tentang Malaikat Tuhan. sebagian besar, karena konteksnya, menunjuk pada kristus Allah pra-Inkarnasi.

1. Tuhan menampakkan diri kepada Adam (Kej. 2:16; 3:11, 15). Dia menubuatkan datangnya inkarnasi sebagai penih perempuan.

2. Tuhan mengangkat Henokh ke surga ( Kej 5:24).

3. Tuhan berbicara kepada Nuh ( Kej. 6:9).

4. Abraham menerima panggilan dari Tuhan, atau Yehovah Jireh (Kej. 12:1;22:11-15).

5. Malaikat Tuhan melayani Hagar dan Ismael ( Kej. 16:7-11;21:17).

6. Malaikatlah yang berjalan dihadapan pelayan Abraham untuk mempersiapkan tunangan bagi Ishak (kej. 24:7,40)

7.Yakub bergumul dengan seseorang yang disebut Malaikat, seorang manusia, dan Allah, dan yang namanya adalah rahasia yang ajaib (Kej. 31:11;32:24-32;Hos. 12:3-5). Malaikat ini membebaskan Yakub (Kej. 48:16).

8. Malaikat dalam semak yang menyala-nnyala yang memanggil Musa merupakan pewahyuan Tuhan Allah Dia disebut sebagai Malaikat yang namanya AKU ADALAH AKU, atau TUHAN ALLAH (Yehovah Elohim). (Kel. 3:2, 14-15; Bil 20:16; Kis 7:30,35).

9. Ada pewahyuan tentang malaikat dalam tiang api yang memimpin dan menuntun israel menuju tanah terjanji (Kel. 14:19-24; 32:34;33;2)

10. Malaikat Yehovah memberikan Hukum Taurat kepada Musa, ditengah-tengahkumpulan malaikat (Kis 7:35, 38,53; Gal. 3:19; Ibr 2:2).

11. Bileam melihat Malaikat Tuhan dengan Pedang terhunus (Bil. 22:22-35; II Pet. 2:15).

12. Pemimpin malaikat-malaikat Tuhan yang tampak pada Yosua adalah Kristofani (Yos. 5:13-14 serta Ibr. 2:10

13. Malaikat memperingatkan Israel mengenai ketidak taatan (Hak 2:1-4; 5:23).

14. Gideon diperlengkapi oleh Malaikat Tuhan yang namanya adalah Yehovah Kedamaian kita (Hak 6:11-22).

15 Manoah dan istrinya, orang tua Simon, mendapat pewahyuan dari Kristus Allah. Pribadi yang misterius ini, dalam konteksnya disebut sebagai manusia, Malaikat dan Tuhan, Namanya adalah Ajaib, atau Rahasia yang Ajaib (Hak. 13:3-21)

16. Allah mengutus seorang Malaikat untuk menghancurkan 70.000 orang Israel ketika Daud berdosa dalam menghitung rakyatnya (I Taw. 21:12-30; II sAM 24:15-17).

17. Seorang Malaikat menyediakan makanan bagi Elia (I Raja. 19:5-7; II Raja 1:3, 15)

18. Malaikat Tuhan membantu 185.000 bangsa Asyur dalam semalam sehingga menyelamtkan Yehuda (II Raja. 19:35; Yes. 37:36)

19. Tuhan menampakkan diri kepada Yesaya dalam penglihatan (Yes. 6:1-13 serta Yoh 12:39-41).

20. Penampakkan manusia keempat dalam perapian yang menyala-nyala juga diterima sebagai Teofani atau Kristofani, Nebukadnezar menyebutnya sebagai Anak Alllah (Dan. 3:28)

21. Seorang malaikat mengatupkan mulut singa-singa dan menjaga Daniel (Dan. 6:23).

22. Malaikat yang menjelaskan penglihatan-penglihatan kepada Zakharia disebut sebagai Malaikat Tuhan (Za. 1:9;11,19, 2:3, 3:1-6, 4:1-5; 5:5,10).

23. Malaikat- Pembawa Berita Perjanjian adalah Tuhan Yesus Kristus (Mal. 3:1).
Tuhan Yesus bukan sekadar malaikat atau makhluk ciptaan seperti yang diajarkan oleh saksi jehovah. Teofani ini hanyalah menifestasi dimana Dia menampakkan diri sebagai malaikat, atau sebagai manusia, sebelum inkarnasi-Nya.

C. WAHYU
Kitab Wahyu berisi catatan-catatantentang Anak Allah yang bangkit dan dimuliakan, yang dilihat oleh Yohanes sebagai Malaikat Jehovah. Suatu pemikiran tentang catatan-catatanini dalam konteks mereka akan memoperjelas fakta ini.

1. Malaikat -Pemberi Meterai yang datang dari meterai dari Allah yang hidup menunjuk pada Tuhan Yesus Kristus. Tidak ada malaikat yang biasa yang bisa melakukan pemeteraian dari Roh dan nama Allah ( Why. 7:2).

2. Malaikat-Imam dengan pendupan emas yang mempersembahkandoa orang-orang kudus pada mezbah emas dihadapan Allah menunjuk pada Tuhan Yesus Kristus. Tidak ada malaikat biasa yang bisa mengambil doa-doa orang-orang kudus dan mempersembahkannya kepada Allah. Ada satu perantara antara Allah dan manusia, manusia Yesus Kristus bukan Maria. Doa dan penyembahan kepada malaikat-malaikat dilarang (Why 8:1-3).

3. Malaikat-Penebus, yang diselubungi awan, wajahnya seperti matahari yang memiliki satu buku yang terbuka dalam tanggnNya, yang suaraNya seperti suara singa, dan yang disebut " Kedua saksi-KU" tentu menunjuk sekali lagi pada Tuhan Yesus Kristus bukan pada makhluk malaikat yang melayani (Why. 10:1-5, 8-10;11:1).

4. Malaikat- Penghukum yang menerangi bumi dengan kemuliaanNya menunjuk paa kristus juga ( Why. 18:1).

5. Malaikat-Pengikat, yang mengikat Iblis dan melemparkan ke dalam jurang maut selama seribu tahun juga menunjuk pada Yesus Kristus. Dialah manusia yang lebih kuat yang mengikat manusia kuat, dan selanjutnya menghancurkan rumahnya. Ini secara hukum digenapi di Kalvari (Why. 20:1-3 serta Mat. 12:28-29).
Dalam Alkitab, Anak Allah, dipandang sebagai Allah-Manusia, Pembawa Berita perjanjian (Mal. 3:1-2), Pembawa Berita Yehovah.

Dia yang merupakan Pencipta para malaikat (Kol. 1:16), dan yang lebih baik daripada malaikat-malaikat (Ibr. 1:4-5), dan disembah oleh malaikat-malaikat (Ibr. 1:6), sebagai Anak Allah yang kekal. yang dijadikan sedikit lebih rendah daripada malaikat- malaikat untuk menebus umat manusia (Ibr. 2:6-9). Dalam perjanjian Lama, Dia menampakkan Diri sebagai malaikat dan manusia. Dalam Perjanjian Baru, dia dilahirkan sebagai manusia, namun dilihat dalam penglihatan sebagai seorang malaikat. Dia tidak menjadi malaikat untuk menebus malaikat-malaikat yang jatuh, tetapi Dia menjadi manusia untuk menyelamatkan manusia yang jatuh, tetapi Dia menjadi manusia untuk menyelamatkan manusia yang jatuh. Dalam Perjanjian Lama Dia secara khusus dipandang sebagai Yehovah-Malaikat dalam teofani. Dalam Perjanjian Baru Dia dipandang sebagai Yehovah-Manusia dalam inkarnasi.

D. KESIMPULAN
Kekekalanlah yang akan menyingkapakan pelayanan yang telah malaikat telah melaikat lakukan bagi umat percaya, orang-orang yang menerima keselamatan (Mat. 18:10; Mzm. 91:11-12). Para malaikat akan memelihara tugas mereka atas kita. Orang percaya boleh bersyukur kepada Allah untuk pelayanan yang tak tampak dari roh-roh yang melayani ini (Ibr. 1:13-14; 12:22-24). Namun, harus terus diingat bahwa menusia dilarang untuk menyembah malaikat, sebagaimana terlihat dalam ajaran sesat di jemaat Kolose, atau melebihi apa apa yang dinyatakan dalam Firman Allah. Semua penyembahan harus ditujukan kepada ke-allahan yang kekal, Bapa, Anak dan Roh kudus, Pencipta dan pemerintah atas seluruh makhluk ciptaan (Kol. 1:16; 2:18; Why. 22:9; I Pet. 3:22).

Kekekalan akan membawa seluruh makhluk yang kudus bersama-sama dalam satu iabdah penyembahan besar yang universal, pada saat oran-orang yang ditebus dari dunia berkumpul bersama kumpulan malaikat yang tak terhitung jumlahnya dalam sion surgawi, Yerusalem yang baru, menyembah serta melayani Allah dalam kekekalan (Why. 4-5; Ibr. 12:22-24).

0 Silakan Berkomentar: