Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Menjawab orang2 yang bilang ayat-ayat Alkitab penuh kontradiksi

(2 Tawarikh 9 : 25)
Salomo mempunyai juga EMPAT RIBU (4.000) kandang untuk kuda-kudanya dan kereta-keretanya dan dua belas ribu (12.000) orang berkuda, yang ditempatkan dalam kota-kota kereta dan dekat raja di Yerusalem.
(1 Raja-raja 4 : 26)
Lagipula Salomo mempunyai kuda EMPAT PULUH RIBU (40.000) kandang untuk kereta-keretanya dan dua belas ribu (12.000) orang berkuda.

JAWABAN
1. Kata “urwot” adalah bentuk jamak dari “arawyah,” merujuk pada kandang-kandang/ atau garasi-garasi tempat kereta kuda dan kuda-kudanya “bermarkas.” Kata “kuda-kudanya dan kereta-keretanya membuktikan bahwa dalam satu kereta memiliki sepuluh kuda yang lasim digunakan sebagai penarik kereta perang. Untuk memudahkan pergerakan dan mobilisasi pertempuran maka “garasi”/arawyah disekitarnya terdapat kandang-kandang bagi SEPULUH kuda yang merupakan penarik dari SATU kereta perang.
2. JADI Salomo memiliki 4000 “garasi”/arawyah untuk kereta-kereta perangnya 2 Tawarikh 9:25 dan 40.000 kandang kuda sebagai penarik kereta perangnya.

~PEMBANGUNAN ISTANA SALOMO
(1 Raja-raja 7 : 26)
Tebal “laut” itu setapak tangan dan tepinya serupa tepi piala, seperti bunga bakung yang berkembang. “Laut” itu dapat memuat DUA RIBU (2.000) bat air. bandingkan dengan
(2 Tawarikh 4: 5)
Tebal “laut” itu setapak tangan dan tepinya serupa tepi piala, seperti bunga bakung yang berkembang. “Laut” itu dapat memuat TIGA RIBU (3.000) bat air.

JAWABAN
1. Kata “ya-khil” selain dapat diartikan jumlah sesungguhnya atau “berisi”, juga dapat diartikan “kapasitas”
2. Jadi dalam I Raja-raja 7:26 “Laut” itu berisi 2000 bat air yang sebenarnya sanggup memuat 3000 bat air atau kapasitasnya 3000 bat air 2 Tawarikh 4:5. Bandingkan dengan (Yeh. 23:32)

~JUMLAH MUSUH (ORANG AMON & ARAM) YANG DIKALAHKAN DAUD
(2 Samuel 10 : 18)
Tetapi orang Aram itu lari dari hadapan orang Israel, dan Daud membunuh dari orang Aram itu TUJUHRATUS (700) ekor kuda kereta dan empat puluh ribu orang PASUKAN BERKUDA. SOBAKH panglima perang mereka dilukainya sedemikian hingga ia mati di sana.
(1 Tawarikh 19: 18)
Tetapi orang Aram itu lari dari hadapan orang Israel, dan Daud membunuh dari orang Aram itu TUJUHRIBU (7.000) ekor kuda kereta dan empat puluh ribu orang PASUKAN BERJALAN KAKI, SOFAKH panglima tentara itu dibunuhnya.

Jawaban
1. Kata “rekhef” merujuk pada pasukan kereta kuda yang memiliki kecepatan luar biasa sebab dalam satu kereta biasa ditarik oleh SEPULUH ekor kuda, dan dikengendarai oleh seorang PERWIRA pasukan (Keluaran 14:7). Jadi dalam 2 Samuael 10:18, Menghancurkan 700 kereta kuda, (BUKAN 700 EKOR KUDA), dan di dalam I Tawarikh 19:18 menjelaskan tentang jumlah kuda penarik kereta sebanyak 7000 ekor yang terbunuh.
2. Kata “parashim” adalah bentuk jamak dari kata “parash” yang artinya “pasukan berkuda, dimana pada 2 Samuel 10:18 Daud membunuh 40.000 pasukan berkuda
3. Kata “rag-li” dalam I Tawarikh merujuk pada “pasukan pejalan kaki” yang dibunuh sejumlah 40.000 pasukan
4. MAKA KESIMPULANNYA adalah: Daud membunuh 7000 ekor kuda penarik 700 kendaraan kereta kuda, membunuh 40.000 pasukan berkuda/ kavaleri DAN JUGA membunuh 40.000 pasukan pejalan kaki/infanteri.

~PERBEDAAN USIA YOYAKHIN SAAT MENJADI RAJA DI YERUSALEM
(2 Tawarikh 36 : 9)
Yoyakhin berumur DELAPAN TAHUN pada waktu ia menjadi raja dan TIGA BULAN SEPULUH HARI lamanya ia memerintah di Yerusalem. Ia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan. bandingkan dengan
(2 Raja-Raja 24 : 8)
Yoyakhin berumur DELAPAN BELAS TAHUN pada waktu ia menjadi raja dan TIGA BULAN lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Nehusta binti Elnatan, dari Yerusalem.

Jawaban:
1. Kata “be-malekho” dalam kasus “hophal” berarti “telah menjadi raja pada waktu,” jadi Yoyakhin telah menjadi raja pada umur DELAPAN tahun.
2. Kemudian, karena masih terlalu kecil maka ibunyalah yang menggantikan sementara pemerintahannya hingga Yoyakhin dewasa, “Katakanlah kepada raja dan kepada ibu suri: “Duduklah di tempat yang rendah sekali, sebab mahkota kemuliaanmu sudah turun dari kepalamu!” Yeremia 13:18
3. Setelah Yoyakhin berumur 18 tahun maka tongkat kerajaan sepenuhnya diberikan kepadanya 2 Raja-raja 24:8 dan beliau banyak melakukan kejahatan di mata Tuhan.
4. Tiga bulan setelah tampuk kepemimpinan diserahkan sepenuhnya kepada Yoyakhin, beliau dan ibu Suri ditangkap oleh raja Babel
5. Ada perbedaan 10 hari lamanya pemerintahan di 2 Tawarikh 36:9 disebabkan dihitungnya waktu prosesi peralihan dan pentahbisan beliau sebagai raja.

Catatan :
Istilah Alkitab berasal dari kata “Al-Kitab” (bahasa Arab) yang berarti “buku” atau “kitab”. Dalam bahasa bahasa Inggris disebut the Bible atau Holy Bible yang berarti Kitab Suci, yang diambil dari kata Yunani, “biblos” – Kitab.Alkitab adalah Kitab Suci yang diinspirasikan/diilhamkan Allah kepada para penulis sehingga mereka menulis kitab Suci sesuai dengan keinginan Allah, tanpa salah, secara keseluruhannya, bukan hanya dalam bentuk pikiran, tetapi juga kata-katanya adalah pilihan Allah, secara sempurna.Kanon Alkitab Kata kanon berasal dari akar kata “reed” atau buluh (bah. Inggris “cane”; bah Ibr. “Ganeh”; bah. Yunani “kanon” dan bah. Indonesia diterjemahkan “patok”). Kata “kanon” dalam kaitannya dengan Alkitab berarti “daftar kitab-kitab yang diterima/diakui secara sah.” Alkitab adalah sebuah ukuran yang telah ditetapkan, atau sebuah ukuran yang telah pasti, yang tidak boleh ditambahkan maupun dipendekkan.

Alkitab terdiri dari 66 bagian yang disebut dengan kitab, 39 PL dan 27 PB. Ditulis dalam kurun waktu 1500 tahun, dari tahun 1500 BC – 100 AD oleh 35 penulis selama lebih dari 35 generasi, dari segala lapisan masyarakat. Ditulis diberbagai tempat yang berbeda dalam waktu yang berbeda-beda. Ditulis dalam dua bahasa yang berbeda: Bahasa Ibrani (PL) dan Yunani (PB).Kriteria Kanon AlkitabEnam pertanyaan yang diajukan untuk menerima atau menolak apakah kitab itu bersifat kanonik atau tidak:

1. Apakah kitab itu ditulis oleh Nabi dan Rasul Allah? (Ul. 18:18; 1br. 1:1; 2 Pet. 1:20-21).

2. Apakah isinya harmonis?

3. Apakah kitab itu diteguhkan oleh tindakan Allah? (Markus 16:20; Ibrani 2:4).

4. Apakah isinya mengatakan kebenaran tentang Allah? (Ulangan 18:22; Galatia 1:8).

5. Apakah kitab itu memiliki kuasa Tuhan? (Ibrani 4:12).

6. Apakah kitab itu diterima oleh umat/jemaat Tuhan? (1 Tesalonika 2:13).

Pandangan Allah tentang Firman-NyaPandangan apa pun yang bisa dipertanggungjawabkan mengenai suatu keyakinan Kristen seharusnya didasarkan pada apa yang Allah katakan tentang keyakinan tersebut.

Pandangan Allah tentang firmanNya dapat dibagi menjadi empat kategori umum: otoritas, kejelasan, keperluan, dan kecukupan.Otoritas Alkitab Semua kata di dalam Alkitab adalah kata-kata Allah. Oleh sebab itu, tidak mempercayai atau menaatinya sama dengan tidak mempercayai atau menaati Allah sendiri.

2 Timotius 3:16, menjelaskan bahwa seluruh tulisan di dalam Alkitab diilhamkan/diinspirasikan/dinafaskan oleh Allah. Kata-kata dalam Alkitab diilhamkan Allah secara langsung kepada penulis (Why 2:1, 8, 12), melalui wawancara dan riset (Lukas 1:1-4). Dan pada kesempatan yang lain, Roh Kudus memberikan inspirasi dalam pikiran penulis tentang apa yang telah diajarkan Yesus.
Bagaimanapun cara kata-kata itu sampai kepada penulis, kata-kata yang dituliskan itu merupakan suatu perluasan dari mereka – kepribadian, keahlian, latar belakang, dan pengalaman mereka. Namun, kata-kata itu juga sepenuhnya merupakan kata-kata yang Allah ingin mereka tuliskan- kata-kata yang dinyatakan Allah sebagai kata-kataNya sendiri.

Jika Allah menyatakan bahwa kata-kata dalam Alkitab adalah kata-kataNya sendiri, maka jelas bahwa tidak ada otoritas tertinggi lain selain Alkitab itu sendiri. Kata-kata di dalam Alkitab lebih dari sekedar kebenaran; kata-kata itu adalah kebenaran itu sendiri (Yoh 17:17). Oleh sebab itu, segala sesuatu yang sesuai dengan Alkitab adalah benar dan segala sesuatu yang tidak selaras dengan Alkitab adalah tidak benar.Jika Alkitab mengiyakan sesuatu yang bertentangan dengan fakta, maka Alkitab tidak dapat dipercaya. Dan jika Alkitab tidak dapat dipercaya, maka Allah sendiri juga tidak dapat dipercaya. Mempercayai bahwa Alkitab menegaskan suatu yang salah sama dengan tidak memepercayai Allah sendiri.

2 Silakan Berkomentar:

Unknown mengatakan...

BATU HAJAR ASWAD DAN BATU RUKUN YAMANI.
Siapakah sebenarnya batu-batu ini?
Apakah batu-batu ini adalah alloh?
Apakah tujuan naik haji hanya untuk mengusap batu-batu ini?
Apakah batu-batu ini yang disembah waktu sholat?
sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, "Sesungguhnya, mengusap Hajar Aswad dan Rukun Yamani dapat menghapuskan dosa-dosa." (HR. Ahmad dari Ibnu Umar, dinyatakan shahih oleh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami, no. 2194)

Unknown mengatakan...

SIAP-SIAP MENINGGALKAN ISLAM.

BATU HAJAR ASWAD DAN BATU RUKUN YAMANI.
Siapakah sebenarnya batu-batu ini?
Apakah batu-batu ini adalah alloh?
Apakah tujuan naik haji hanya untuk mengusap batu-batu ini?
Apakah batu-batu ini yang disembah waktu sholat?

INI BUKTI MENGENAI AJARAN BATU WASIAT
sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, "Sesungguhnya, mengusap Hajar Aswad dan Rukun Yamani dapat menghapuskan dosa-dosa." (HR. Ahmad dari Ibnu Umar, dinyatakan shahih oleh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami, no. 2194)